Aerial Photo di BSD

GatotKaca belakangan ini lagi sering terbang disekitar BSD, karena sekarang sudah muncul Regulasi yang dikeluarakan oleh kementrian perhubungan yang mengatur pesawat tanpa awak (UAV). Hal yang paling pada Permenhub itu adalah batasan terbang yang diijinkan dibawah 500 ft (150 meter), untuk lebih dari ketinggian tersebut diwajibkan mengajukan ijin ke kementrian perhubungan.

Area terbang saat ini juga dibatasi dengan, adanya larangan terbang di daerah-daerah vital negara, seperti dekat Istana negara, kedutaan besar, bandara udara, dll. Oleh karena itu saat ini GatotKaca sedang menghindari untuk terbang di tengah kota dan memilih area terbuka dipinggir kota. BSD saat ini sudah sangat berkembang, dimana banyak mall2 baru dan tempat hiburan lainnya. BSD masih memiliki banyak area terbuka, sehingga cenderung lebih aman untuk menerbangkan drone dibandingkan di pusat kota.

IMG_0223
BSD | Pukul 06.30 WIB | 13.08.2015

GatotKaca saat ini lagi mencoba belajar terbang malem untuk mengambil pemabdangan malam di BSD, saya akan mencoba juga untuk berbagi tips foto malam (lowlight):

  1. Menggunakan iso rencah (100 lebih baik) hal ini karena sebakin besar isi, akan semakin banyak terlihat noise pada foto kita.
  2. Menggunakan low speed (dibawah o,5 detik), karena iso rendah, kita harus menggunakan low shutter speed agar dapat mencukupi cahaya yang dibutuhkan.
  3. Memperhatikan kecepatan angin sangat penting, karena semakin malam angin akan semakin kencang. Sehubungan dengan menggambil foto dalam low shutter speed, kita diperlikan posisi yang stabil agar gambar tidak blur.
  4. Ambil minimum 3 foto dalam satu posisi/angle, karena dengan resiko angin kencang, terkadang beberapa foto akan beresiko blur.
  5. Drone terbang dalam on sight pilotnya,
  6. Sebelum terbang pada malam hari, sangat disarankan terlebih dahulu mengunjungi lokasi/survey disiang harinya.
IMG_0023
Ikea, Alam Sutra | Pukul 20.30 | 08.08.2015

Seluruh foto yang saya post disini saya ambil menggunakan DJI Phantom 3 Advance, dimana kualitas kamera 12 MP dan memiliki settingan shutter speed, ISO dan diagfrahma, sehingga kita dapat menyesuaikan dengan keperluan kita.

DCIM100MEDIADJI_0062.JPG
Chakra Venue, The Breeze | 19.00 | 01.08.2015

Proses editing foto semua saya lakukan di IPad/IPhone, dimana apps yang menurut saya sangat bagus adalag Snapseed, dimana fitur editing foto yang lengkap dan mudah untuk digunakan. Menu yang saya sering gunakan adalah editing Details, Tune Image dan Cropping.

Sekian sedikit tips dari GatotKaca, selalu FlySafe, FlyResponssible dan FlyWithAttitude.

Salam,

GatotKaca

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s