Liburan ke Tokyo Hasil Keringat GatotKaca

Terima kasih GatotKaca atas jasanya bisa mengajak istri liburan ke Tokyo..

Saya coba berbagi beberapa tips buat yang mau liburan ke Tokyo, semoga membantu ya.

  • Saya mulai dari kedatangan di Bandara Narita
    Mendarat di Bandara Narita untuk ke central Tokyo bisa naik Kensei Skyliner (¥2.760) 41 menit sampai Ueno station. Ada juga kereta limited express yang lebih murah tetapi lebih lama (70 menit) karena stop di beberapa stasiun (¥1.030). Link Skyliner:http://www.keisei.co.jp/keisei/tetudou/skyliner/us/
  • Untuk keliling tokyo bisa menggunakan Tokyo Metro dan JR line, pengalaman saya untuk di tengah kota rata2 menggunakan Tokyo Metro, untuk memudahkan bisa download apps offline Tokyo Subway (hanya jalur Tokyo Metro). Dari apps itu bisa tau rute dari satu stasiun ke stasiun lainnya, yang paling memudahkan adalah untuk mengetahui biaya untuk satu perjalanan (tidak perlu melihat papan rute lagi) dan otomatis diinformasikan perpindahan stasiunnya. Sebagai info saja kalau seluruh mesin pembelian tiket kereta hanya menampilkan nilai/harga tiketnya, tidak ada informasi tujuannya. Apabila smartphone bisa online, akan lebih mudah menggunakan google maps karena lebih detail dan menginformasikan juga jalur JR line. Rata-rata biaya satu kali jalan ¥170 – ¥220.
  • Disneyland Tokyo, stasiun kereta terdekat adalah Maihama (menggunakan JR line), keluar stasiun langsung akan terbagi dua, kiri Disney Sea dan kanan Disneyland. Biaya masuk Disneyland ¥6.900, waktu itu saya datang hari jumat lumayan rame pengunjung. Saran saya agar naik wahananya tidak panjang mengantri saya sarankan untuk keliling ke setiap wahananya utk mendaftar fast pass, nanti kita dapat tiket yang sudah terdapat jamnya, sehingga kita dapat kembali ke wahana tersebut pada jam yg ditentukan dapat langsung melalui atrian yg cepat. Pembelian tiket online bisa melalui link:http://www.tokyodisneyresort.jp/en/ticket/
Disneyland Tokyo
Disneyland Tokyo
  • Ketika rencana keliling perkotaan Tokyo sebaiknya direncanakan urutannya sehingga tidak bolak balik naik metronya (disesuaikan dengan tempat menginap). Seperti, dari Ginza – Shibuya – Harajuku – Shinjuku.
Shibuya Crossing Street
Shibuya Crossing Street
  • Pemandangan Mt. fuji, Saya kemarin melihat Fuji dari danau Kawaguchiko, dimana untuk menuju kesana dari Shinjuku harus mencari transport ke stasiun Kawaguchiko. Ada 2 pilihan untuk kesana, untuk yang lebih murah dan praktis menggunakan bus, tetapi sebaiknya booking dari beberapa hari sebelumnya, karena khawatir bis sudah penuh (¥ 1.750 oneway). Alternatif lain bisa menggunakan kereta, namun harga bisa 2 kali lipat (kereta limited express). Apabila berangkat dari stasiun kereta shinjuku harus transit terlebih dahulu di stasiun Otsuki lalu ganti kereta menuju stasiun Kawaguciko.
Mt. Fuji Dari Kereta Menuju Stasiun Kereta Kawaguchiko.
Mt. Fuji Dari Kereta Menuju Stasiun Kereta Kawaguchiko.
  • Danau Kawaguchiko, rencana awal ingin melihat Shibazakura festival, tapi karena saat saya datang bunga sudah mulai gugur, jadi saya hanya keliling danau Kawaguchiko. Untuk keliling danau kawaguchiko bisa menggunakan sightseeing bus, dengan ¥1,200 bisa turun naik bis sepuasnya. Ada 2 rute untuk keliling, red line dan green line (terlampir). Saya kemarin begitu tiba stasiun Kawaguchiko laangit sudah berawan tapi gunung fuji belum ketutup awan, saya langsung menuju bus stop no.22 (menurut saya view paling bagus bagus untuk melihat gunung Fuji) untuk foto2, soalnya 30 menit kemudian gunung Fuji sudah ketutup awan.
Mt Fuju dari Danau Kawaguchiko
Mt Fuju dari Danau Kawaguchiko
  • Tokyo skytree, kemarin saya belum sempat beli tiket online jadi langsung datang ke Tokyo skytree. Sistem pembelian tiketnya kita diberikan jadwal tertentu, contoh saya dtg jam 12.00, dapet waktu beli tiket jam 15.30 – 16.00. Jadi kita bisa keluar dulu, nanti mendekati waktunya varu balik lagi. Setelah membeli tiketnya kita akan antri untuk naik lift kurang lebih 15mnt. Diatas kita tidak dibatasi waktunya, kalau mau santai ada tmpt makan di lantai 340m, ada juga yg jual snack dan ice cream di lantai 350m. Tiket masuk sampai Tembo Deck (350m) yaitu ¥2.020, apabila mau naik sampai ke 450m harus nambah ¥1,030

Berikut beberapa info tambahan:

  • Keuntungan liburan bukan peak season adalah pesawat yg tidak penuh, sehingga kita bisa mencari 3 kursi kosong untuk sendiri (ala-ala first class). Biasanya saat pintu pesawat tertutup kita langsung dapat meminta ijin pramugari untuk pindah ke seat yang kosong, tapi terkadang diijinkan pindah saat udah terbang.
Seat ala-ala FIrst Class
Seat ala-ala First Class
  • Makan2an di seven eleven/family mart sekitar ¥350 – ¥600, di restaurant Jepang ¥600 – ¥1,800. Di setiap restaurant yang saya kunjungi air putih diberikan gratis.
  • Saya sejak suka lari, setiap liburan selalu menggubakan sepatu running, selain bisa buat lari pagi, kalau keliling kota juga tidak terlalu pegel.
  • Untuk Beli oleh2 bisa cari di Daiso (Harajuku), banyak barang2 unik seharga ¥100.

Salam,

GatotKaca

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s