GatotKaca Jalan2 ke Ereveld Menteng Pulo

GatotKaca sempat mencari tempat buat terbang yangmemiliki pemandangan yang indah, simetris dan memiliki sejarah dibelakangnya. Setelah beberapa lama waktu mencari-cari lokasi akhirnya dipilih Ereveld Menteng Pulo, yaitu salah satu pemakaman kehormatan Belanda yang ada di Indonesia. Disini dimakamkan korban dari kamp tawanan Jepang dan juga para militer Belanda yang wafat semasa pergolakan sesudah perang (1945-1949).

photo 1

Pada awalnya saya mau langsung berangkat ke lokasi, tapi setelah research di google ternyata untuk foto-foto maupun melakukan suatu kegiatan disana diperlukan surat ijin terlebih dahulu dari pihak yang mengelola, yaitu OGS Indonesia. Saya menyampaikan tujuan saya untuk meliput dan mengambil beberapa video dan foto aerial, pihak OGS menyambut dengan baik dengan memberikan ijin peliputannya. Melihat Ereveld Menteng Pulo ini saya sangat kagum dengan penataan dan pengurusan makamnya, mereka sangat baik dan serius dalam mengelola tempat ini.

DCIM100GOPRO

Saya mau sedikit cerita mengenai Makam Kehormatan Menteng Pulo ini, dari ketujuh Makam Kehormatan Belanda di Pulau Jawa ini, yang paling terkenal adalah Makam Kehormatan Belanda Menteng Pulo, karena di sana ada gereja Simultan (Simultaankerk) dan di samping gereja juga ada tempat khusus untuk guci-guci abu (Columbarium). Kedua bangunan ini seringkali memberikan kesan yang dalam bagi para pengunjung. Peletakan batu pertama pada awal pembangunan gereja ini secara resmi dilakukan pada tanggal 8 Desember 1947 oleh Letnan Jenderal S.H. Spoor yang pada saat itu menjabat komandan tentara di Hindia Belanda. Ketika pembangunan gereja ini selesai, lapangan ini dipenuhi dengan pohon kelapa dan letak Makam Kehormatan Belanda Menteng Pulo ini sebenarnya berada beberapa kilometer di luar kota Jakarta. Tetapi belakangan ini Jakarta berkembang begitu pesatnya sehingga kini Makam Kehormatan Belanda Menteng Pulo dikelilingi oleh gedung-gedung pencakar langit.

Culumbarium
Culumbarium

Pada acara pembukaan Makam Kehormatan Belanda Menteng Pulo, Letjen. Spoor menekankan perhatian antara lain terhadap keaneka ragaman latar belakang para korban perang yang dimakamkan di sini, sebagaimana yang beliau katakan: “Di Makam Kehormatan Belanda Menteng Pulo ini orang kulit putih dan kulit berwarna terbaring berdampingan, pria, wanita dan anakanak dari pantai utara dan dari wilayah selatan Belanda yang subur dan juga dari kepulauan tropis yang beraneka ragam ini. Mereka semua akan dimakamkan di sini tanpa memandang ras, agama, suku asal, pangkat atau kedudukan”. Letjen. Spoor sendiri juga dimakamkan di sini di antara ‘orangorangnya’ (vak VIII, no. 68). Dia wafat pada tanggal 25 Mei 1949.

Pihak OGS sangat terbuka bagi siapapun yang ingin berkunjung ke Ereveld Menteng Pulo, selama maksud dan tujuannya positif. Apabila ada yang ingin berkunjung melihat Ereveld Menteng Pulo ini dapat menghubungi link yang saya sampaikan diatas.

Salam,

GatotKaca

Advertisements

4 thoughts on “GatotKaca Jalan2 ke Ereveld Menteng Pulo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s