GatotKaca Kerja (Tambang Minyak Tradisional)

Sehubungan dengan tempat kerja saya sekarang dibidang perminyakan, pada bulan November 2014 saya mendapat kesempatan meliput suatu kawasan penambangan minyak di daerah Jawa Timur dimana metode penambangan yang digunakan masih tradisional.

Ketika saya memasuki kawasan penambangan, saya terpesona oleh kegitan yang dilakukan disana. Banyak sekali penambang-penambang lokal yang menggunakan metode tradisional untuk memperoleh minyak mentahnya. Bisa dikatakan kawasan ini sebagai “Texas” nya Indonesia, karena banyaknya kegiatan pengeboran minyak di daerah tersebut.

Screen Shot 2015-03-05 at 1.00.04 PM
Proses Penyulingan Minyak Tradisional

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari pekerja sekitar lokasi tersebut, produksi minyak saat ini mencapai 1.000 barrel/hari. Angka produksi tersebut terhitung besar dilihat melihat cara masyarakat mengelola area tambang tersebut. Para penambang ini merupakan bagian dari penyumbang produksi minyak nasional yang saat ini sebesar 700.000 – 800.000 barrel/hari.

Screen Shot 2015-03-05 at 1.01.03 PM
Sebagian Area Penambangan

Indonesia masih memiliki potensi minyak bumi yang banyak namun belum dilakukan eksplorasi karena terhambat oleh biaya investasi yang besar, diharapkan indonesia akan segera dapat meningkatkan angka cadangan minyak buminya.

Salam,

GatotKaca

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s